I. PENDAHULUAN: OVERVIEW BIOLOGI

Kapan Anda mulai mengenal arti hidup?

Apakah Anda ingat pernah menanyakan apakah hidup itu? Dan tentu saja pertanyaan apakah mati itu? Kenangan Anda tentang jawaban-jawaban atas pertanyaan Anda ada yang memuaskan ada juga yang tidak memuaskan.

Pengalaman dan pendidikan sangat berperanan dalam membantu menajamkan pertanyaan-pertanyaan Anda, dan oleh karenanya tidak mengherankan apabila beberapa jawaban sulit diatasi (dijawab). Pikirkan mengenai seorang anak muda yang otaknya tidak berfungsi akibat kecelakaan sepeda motor. Bila nafasnya dan fungsi dasar lain hanya sebatas dia tetap tidak divonis mati dokter, apakah dia tidak disebut ’hidup’ lagi?

Pikirikan akan sebuah telur yang baru saja dibuahi spermatozoa dan tumbuh dalam rahim seorang ibu, tetapi saat ini hanya terdiri atas beberapa sel kecil-kecil saja. Kapan atau pada saat tahap mana dari perkembangannya ia mulai bisa disebut ’manusia’? Apabila pertanyaan-pertanyaan tersebut pernah ada pada benak Saudara, artinya pikiran Anda mengenai hidup jelas sangat dalam.

Lecture note ini bukan perkenalan Anda kepada biologi, ilmu tentang hidup, karena Anda telah mempelajarinya sejak pertama kali informasi memasuki otak Anda. Secara sederhana panduan kuliah ini membantu pikiran Anda untuk pemahaman mengenai biologi yang lebih teratur sesuai kebutuhan tingkat pemahaman Anda.

Tujuan dari bab pendahuluaan ini adalah mahasiswa dapat:

  • Membedakan organisme hidup dari yang mati

  • Menggambarkan pola umum aliran energi melalui bentuk-bentuk kehidupan di bumi dan menjelaskan bagaimana sumber daya di bumi menggunakannya lagi dan lagi (siklus)

  • Menyusun daftar tingkatan organisasi (hirarki) dalam biologi

  • Membuat daftar urutan kerja ilmiah dalam mempelajari atau memecahkan masalah yang kau pecahkan

Tiga kunci pokok bab pendahuluan

  1. Ada kesamaan pada seluruh mahluk hidup di dunia, semua organisme adalah mirip. Strutkur organisasinya dan fungsinya tergantung pada kandungan materi dan energi. Mereka memperoleh dan menggunakan energi dan material dari lingkungan. Mereka mengatur respon atau tanggapan untuk mengubah keadaan. Mereka tumbuh dan bereproduksi tergantung pada instruksi yang dikandung dalam DNA

  2. Ada keragaman dalam kehidupan di dunia, bagi organisme keragaman langsung berupa perencanaan bentuk tubuh, fungsi tubuh, dan tingkah laku. Teori evolusi menerangkan mengenai keragaman ini.

  3. Biologi, seperti cabang ilmu pengetahuan lain, berdasarkan pada urutan pengamatan, hipotesis, pendugaan, dan pengujian-pengujian yang tiada pernah berakhir. Dunia luar, bukan konflik internal, adalah lapangan pengujian bagi teori-teori ilmiah.

HIRARKI DALAM BIOLOGI ……… selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: