HIRARKI DALAM BIOLOGI
Biosfer, yaitu lapisan atau area di seluruh muka bumi baik dalam tanah, di atas permukaan tanah, laut, gunung, di atmosfer udara di mana organisme dapat hidup.
Level di bawah ekosistem adalah komunitas, yaitu kumpulan populasi-populasi pada area tertentu, hutan tropis misalnya.
Di bawah komunitas adalah level populaasi, yaitu kumpulan individu  organisme sejenis, baik itu organisme renik satu sel ataupun organisme banyak sel (multi sel) yang sejenis. Contohnya, populasi gajah di sekolah gajah Way Kambas, Lampung.
Di bawah populasi adalah tingkatan organisme, yaitu individu mahluk hidup. Misalnya, ikan gurameh, hidup di air tawar, berat badan waktu dewasa melebihi 1 kg bersisik, memiliki sirip dada, sirip perut dan sirip ekor sehingga dapat berenang.
Tingkatan atau level di bawah organisme adalah level yang terdapat di dalam organisme. Ikan gurameh hidup karena memiliki beberapa sistem, antara lain sistem pencernaan, sistem saraf, sistem peredaran darah, sistem ekskresi atau pengeluaran yang dapat kita ketahui.
Masing-masing sistem terdiri atas beberapa organ, sehingga leval di bawah sistem adalah organ. Contohnya, organ-organ utama sistem persyarafan adalah otak, tali syaraf (spinal cord) tulang belakang (vertebrate), syaraf-syaraf yang dapat meneruskan berita antara spinal cord vertebrae dan bagian lain dari tubuh.
Tingkatan atau hirarki di bawah level organ adalah jaringan. Organ tersusun atas jaringan-jaringan, misalnya organ otak terdiri atas jaringan-jaringan syaraf. Jaringan adalah sekumpulan sel-sel sejenis dan memiliki satu fungsi tertentu.
Sel adalah level atau hirarki di bawah jaringan. Sebuah sel adalah unit terkecil kehidupan yang terpisah dari lingkungannya karena dibatasi oleh apa yang disebut dengan membran.
Level terendah yaitu level di bawah sel yaitu level molekuler atau level molekul. Contoh molekul-molekul deoxy ribo nucleic acid atau asam deoksiribonukleat disingkat DNA. Molekul DNA adalah ’cetak biru’ bagi struktur dan fungsi molekul lain dalam organisme dan meneruskan informasi yang dibawanya itu, sebagai gen, dari orangtuanya ke anaknya. Molekul adalah sekumpulan atom-atom, yaitu bagian terkecil dari suatu materi. Gambar molekul DNA (detail pembahasannya nanti pada bab berikutnya) yang dibuat komputer (Gambar 1.2) yang menunjukkan kumpulan struktur bulatan-bulatan membentuk konstruksi heliks tersebut, masing-masing struktur bulatan tersebut menggambarkan atom, satu bulatan adalah satu atom. Atom yang sama dengan bentuk dan warna yang sama, atom yang berbeda dengan bentuk bulatan, ukuran dan atau warna berbeda.
Jadi hirarki dalam biologi tersusun dari molekul ke ekosistem dan akhirnya biosfer (Gambar 1.1). Diperlukan sejumlah molekul untuk menyusun suatu sel, sejumlah sel untuk menyusun jaringan, berbagai jenis jaringan untuk menyusun organ, dan seteusnya. Umumnya ahli biologi menguasai level tertentu.
 
Ciri makhluk hidup ……selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: